Jumat, 30 Desember 2011

6 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan Setelah Membeli Handheld Android Baru

Jika anda baru membeli atau mendapatkan hanheld Android (smartphone atau tablet) berikut 5 hal yang wajib anda lakukan untuk memaksimalkannya:

1. Jangan lewati penyetelan akun Google.
Ketika anda mensetting Android untuk pertama kali, anda diminta untuk mengisi akun kredensial Google. Hal ini merupakan cara tercepat untuk mensetting email, kalender dan kontak anda. Memang hal ini bersifat optional, beberapa orang mungkin tidak mempunyai akun Google, atau mungkin dengan alasan lain mereka melewati tahap ini. Jika anda melewatkan tahap ini, segera kembali dan selesaikan secara lengkap dan benar.

Mengapa? ada beberapa alasan diantaranya, kontak anda akan disinkronisasikan dengan akun Google, kontak ini juga akan disinkronisasikan dengan handheld-handheld anda yang mungkin akan anda beli di masa datang (jika handheld anda yang sekarang dicuri, hilang, rusak atau anda ingin mengupgradenya). Sebagai tambahan anda membutuhkannya untuk mengakses Android Market.
Mungkin saja anda tidak perlu mengakses Android Market untuk menginstall aplikasi di handheld anda, ada satu masalah khusus dimana anda sangat membutuhkan akun google anda yaitu jika handheld anda hilang atau dicuri!

Sepanjang pengetahuan saya, Android Market saty-satunya toko aplikasi online yang mengijinkan anda untuk menginstall secara remote. Anda bisa login ke Android Market pada browser PC kemudian cari aplikasi bernama "Plan B" dan install secara remote ke handheld anda yang hilang. Dalam beberapa menit anda akan mendapatkan email yang memberitahu anda di mana lokasi telepon anda!
Tentu saja ada beberapa serupa di pasaran tetapi kebanyakan harus diinstall di handheld anda sebelum handheld anda hilang. Aplikasi "Plan B" ini melakukan semua settingan untuk anda, yang anda lakukan hanya menyetting akun Google anda.

2. Beli Car Kit.
Di beberapa negara menjadi hal yang illegal untuk anda menelepon di saat mengendarai kendaraan. Memang banyak terjadi kecelakaan dikarenakan para pengendara menelepon sambil mengendarai sehingga kehilangan konsentrasi penuh dalam mengendarai.
Dua benda penting yang anda butuhkan adalah bluetooth headset dan charger mobil USB. Jika handheld anda memiliki car dock yang built in, anda tentu tidak membutuhkan keduanya.
3. Hidupkan WiFi

WiFi mungkin lebih cepat dari koneksi data 3G ataupun 4G, jadi bila anda berada di area hotspot WiFi handheld anda akan lebih cepat.
WiFi mengkonsumsi daya lebih rendah dibandingkan data seluler tradisional, jadi baterai anda akan bertahan lebih lama.

4. Setting "Aplikasi Rakus" anda untuk jarang mengupdate
Mungkin anda seperti saya, mempunyai beberapa aplikasi sosial networking, beberapa RSS dan berita dan mungkin beberapa aplikasi perkiraan cuaca. Aplikasi-aplikasi ini mencoba untuk melakukan koneksi ke berbagai layanan data untuk menjaga informasi agar up-to-date. Hal ini membuat aplikasi-aplikasi tersebut terasa lebih cepat karena informasi-informasi tersebut memang telah di download di dalam handheld anda sebelum anda memintanya. Malangnya, ini berarti aplikasi-aplikasi tersebut sering menggunakan koneksi internet untuk melakukan update-update yang tidak terlihat oleh anda.
Untuk menekan biaya penggunaan internet dan daya tahan baterai anda, anda arus membuka aplikasi tersebut satu-persatu dan melakukan setelan "Update Frequency". Beberapa aplikasi SocNet (Social Networking) melakukan update setiap 15 menit. Settinglah sesuai keinginan anda, misalnya: 4 jam sekali, atau "Only When Charging". Beberapa aplikasi mempunyai pilihan hanya melakukan sinkronisasi di saat tersambung dengan WiFi. Untuk diingat, beberapa aplikasi yang lebih pintar menggunakan apa yang biasanya disebut "push notifications" hanya diupdate pada saat server diberi pesan "pushes" untuk mengupdate.

5. Log in ke Google Talk
Google Talk adalah apliksi Chat yang sudah built in di Android, dan biasanya jarang dipakai. Anda dapat menggunakan Google Talk bukan hanya sebagai instant messenger kepada sesama pengguna handheld Android, tapi juga untuk pengguna Gmail di desktop dan laptop.
Yang lebih asik lagi, banyak komputer memiliki mikropon dan speaker dan dengan plugin yang cocok anda bisa benar-benar "mengobrol" dengan semua orang di dunia yang menggunakan Google (ini sudah built in di Android).

Jika anda memiliki kamera anda dapat melakukan panggilan video pada handheld Android anda. Fitur ini sangat berguna di saat liburan dan hari besar agama di mana anda tidak dapat bertemu langsung dengan saudara dan teman-teman anda.

Apa selanjutnya?
Banyak yang anda dapat lakukan dengan handheld Android anda. Silahkan anda mengeksplorasi handheld Android baru anda. Jika anda sudah bosan dengan gadget Android lama anda silahkan lempar ke saya, dengan senang hati saya menerimanya :D.

Artikel Terkait perkategori

6 komentar:

  1. Nice info gan...
    Android emang yahut!

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berkunjung. Pendapat saya sama. Dengan harga lebih murah dan dukungan aplikasi dan fitur jika dibandingkan dengan produk Apple.

    BalasHapus
  3. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...

    BalasHapus
  4. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    BalasHapus
  5. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...

    BalasHapus
  6. Mancay gan,, g kecewa sy memilih android .
    Hehe.

    BalasHapus

 

Blog CIO Indonesia Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates