Sabtu, 03 Desember 2011

2 Tugas Steganografi


Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Sebaliknya, kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Kata "steganografi" berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.Pada umumnya, pesan steganografi muncul dengan rupa lain seperti gambar, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang tertulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi. Contohnya, suatu pesan bisa disembunyikan dengan menggunakan tinta yang tidak terlihat diantara garis-garis yang kelihatan.
Sedangkan pengertian mengenai steganografi dalam buku Keamanan Sistem Informasi berbasis Internet yang ditulis oleh Pak Budi Rahardjo, adalah sebagai berikut “pengamanan dengan menggunakan steganografi membuat seolah-oleh pesan rahasia tidak ada atau tidak nampak. Padahal pesan tersebut ada. Hanya saja kita tidak sadar bahwa ada pesan tersebut di sana”.
Berikut saya tampilkan contoh stenografi yang berupa kumpulan daftar simbol-simbol yang menyembunyikan pesan “Mari Demo ke Rektorat”.



Contoh lainnya adalah pesan tersembunyi di balik kumpulan gambar.




Silahkan anda menerka cara membacanya.


Setelah beberapa minggu diupload, berikut saya berikan jawabannya:

Untuk gambar pertama, kuncinya adalah bahwa sebagian besar karakter yang ada di kotak adalah symbol, kita tinggal mencari karakter alphabet. Dibaca secara diagonal dari kiri atas ke kanan bawah.

Untuk gambar kedua, kuncinya adalah kita harus mencari dulu judul film Indonesia di antara film asing,lalu dibaca dari kanan bawah ke kiri atas.

Artikel Terkait perkategori

2 komentar:

  1. Kasihan lum ada yg komen... Ane komenin deh...
    Ntu kan tugas semester 1 kang... br diupload sekarang... :P

    BalasHapus
  2. Baru pindahan rumah lagi kang. Lumayan, kali aja ada yang butuh buat benchmark (istilah "nyontek"nya anak CIO). Login dong kalo jantan eh komentar :D

    BalasHapus

 

Blog CIO Indonesia Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates