Sabtu, 03 Desember 2011

1 IaaS, SaaS, PaaS (bagian 2)

Untuk  membantu  memahami  bagaimana  3  komponen  yang  terkait  (IaaS,  PaaS  dan  SaaS, beberapa ahli menggunakan analogi transportasi:

Infrastruktur  tidak  berguna  jika  berdiri  sendiri.  Infrastruktur  membutuhkan  seseorang  untuk membuatnya  produktif  dalam  memecahkan  masalah  tertentu.  Bayangkan  sistem  transportasi antar  provinsi  di  Indonesia,  walaupun  semua  jalan  dibangun,  mereka  tidak  akan  berguna  tanpa mobil  dan  truk  untuk  mengangkut  orang  dan  barang.  Dalam  analogi  ini,  jalan-jalan  adalah prasarana  dan  mobil-mobil  dan  truk  merupakan  platform  (sarana)  yang  berjalan  di  atas infrastruktur dan mengangkut orang dan barang. Barang-barang sedangkan manusianya mungkin dianggap sebagai perangkat lunak dan informasi di bidang teknis.
Software as a Service
SaaS Application Architecture
Gambar SaaS Application Architecture. (Sumber: http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa479069.aspx)

Software as a Service didefinisikan sebagai:
…. Perangkat lunak yang disebarkan melalui internet… Dengan SaaS, sebuah penyedia layananmelisensi  aplikasi  kepada  pelanggan  entah  sebagai  layanan  sesuai  permintaan  (Service  onde mand),  dengan  berlangganan,  dalam  model  “pay-as-you-go”,  atau  tidak  dikenakan  biaya ketika  ada  peluang  untuk  menghasilkan  pendapatan  dari  aliran  selain  pengguna,  seperti  dari penjualan iklan atau pendaftaran pengguna.”
SaaS adalah pasar yang tumbuh dengan pesat seperti yang ditunjukkan dalam laporan baru-baru ini yang memprediksi pertumbuhan dua digit yang berkelanjutan[9]. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan yang cepat SaaS akan segera menjadi biasa dalam setiap organisasi dan karena itu adalah penting bahwa pembeli dan pengguna teknologi memahami apa SaaS dan di mana sangat
cocok?.
Karakteristik SaaS Seperti bentuk-bentuk lain dari Cloud Computing, penting untuk memastikan bahwa solusi dijual sebagai SaaS pada kenyataannya sesuai dengan  definisi  yang berlaku umum Cloud Computing.
Beberapa karakteristik mendefinisikan SaaS meliputi;
  • Web akses ke perangkat lunak komersial;
  • Software adalah dikelola dari satu lokasi pusat;
  • Perangkat lunak yang diberikan dalam "satu untuk banyak" model;
  • Pengguna tidak diperlukan untuk menangani upgrade perangkat lunak dan patch;
  • Application  Programming  Interface  (API)  memungkinkan  integrasi  antara  bagian  yang berbeda dari perangkat lunak.
Dimana SaaS Masuk Akal
 Cloud Computing umumnya, dan SaaS khususnya, adalah metode yang berkembang pesat dalam hal  penyampaian  teknologi.  Organisasi  yang  akan  pindah  ke  cloud  akan  ingin mempertimbangkan  aplikasi  yang  mereka  pindah  ke  SaaS.  Dengan  demikian  ada  solusi  khusus kami mempertimbangkan kandidat utama untuk langkah awal untuk SaaS;
  • Istilah  "Vanili"  digunakan  dimana  solusi  yang  ditawarkan  sebagian  besar  sama  atau  tidak dibedakan. Sebuah contoh yang baik dari penawaran vanili akan mencakup emditail di mana banyak  sekali  kompetitor  menggunakan  perangkat  lunak  yang  sama  justru  karena  teknologi ini  mendasar  merupakan  persyaratan  untuk  melakukan  bisnis,  tetapi  sendiri  tidak memberikan suatu keunggulan kompetitif.
  • Aplikasi dimana ada saling mempengaruhi secara signifikan antara organisasi dan dunia luar. Misalnya, surat elektornik berita kampanye perangkat lunak.
  • Aplikasi  yang  memiliki  kebutuhan  yang  signifikan  untuk  web  atau  akses  mobile.  Sebuah contoh akan mobile penjualan perangkat lunak manajemen.
  • Perangkat lunak yang hanya akan digunakan untuk kebutuhan jangka pendek. Sebuah contoh akan menjadi perangkat lunak kolaborasi untuk proyek tertentu.
  • Software  di  mana  permintaan  lonjakan  secara  signifikan,  karena  pajak  misalnya  atau perangkat lunak penagihan digunakan sekali sebulan
SaaS  secara  luas  diterima  dan  telah  diperkenalkan  kepada  dunia  bisnis  dengan  kekuatan penjualan  produk  Customer  Relationship  Management  (CRM).  Salah  satu  pendatang  baru  sangatlah  tidak  mengejutkan  bahwa  CRM  menjadi  aplikasi  SaaS  yang  paling  populer, bagaimanapun  email,  manajemen  keuangan,  manajemen  layanan  pelanggan  dan  penjualan  juga menjadi lebih baik dengan menggunakan SaaS.
Dimana SaaS Bukan Pilihan yang Baik
Ketika SaaS menjadi sebuah alat yang sangat bernilai, ada situasi tertentu dimana diyakini bahwa SaaS  bukan  merupakan  pilihan  yang  bagus  untuk  software  delivery.  Sebagai  contoh  dimana SaaS mungkin tidak cocok, diantaranya:
  • Aplikasi-aplikasi dimana prosesnya berlangsung dengan sangat cepat dengan kebutuhan akan data yang realtime.
  • Aplikasi  di  mana  undang-undang  atau  peraturan  lain  tidak  mengizinkan  data  yang  di-host eksternal.
  • Aplikasi di mana solusi on-premise yang ada memenuhi semua kebutuhan organisasi.
Software  sebagai  Layanan  dapat  diketahui  sebagai  aspek  terbaik  dari  Cloud  Computing,  tetapi pengembang  dan  organisasi  di  seluruh  dunia  memanfaatkan  Platform  sebagai  Layanan,  yang mencampur kesederhanaan SaaS dengan kekuatan IaaS, untuk efek yang besar.

Artikel Terkait perkategori

1 komentar:

 

Blog CIO Indonesia Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates