Senin, 21 Mei 2012

0 Ulasan Pertama Jejaring Sosial Microsoft So.cl

Sore tadi tanpa sengaja melihat news ticker salah satu televisi nasional yang menyebutkan bahwa Microsoft telah merilis jejaring sosial so.cl. Memang sudah lama saya mendengar bahwa Microsoft akan merilis jejaring sosial tapi waktu itu saya masih belum bisa untuk sekedar menyicip fitur-fitur apa yang ada di dalamnya. Tanpa basa-basi saya langsung menuju netbook dan membuka browser dengan mengetikan alamat tkp.

Kesan pertama yang saya dapat adalah kinerja dari loading halaman pertama agak berat jika dibandingkan dengan fb, google plus, ataupun jejaring sosial milik lokal seperti Paseban. Di halaman utama kita disuguhkan tombol apakah kita ingin login dengan account fb ataupun windows live. Untuk pertama saya mencoba login dengan akun fb saya, muncul menu pop-up mengenai perjanjian layanan. Setelah menunggu beberapa saat, entah karena koneksi internet saya yang lemot atau memang loadingnya berat, beberapa kali saya harus merefresh agar halaman web bisa terloading secara sempurna. Setelah berhasil ternyata saya tidak dapat masuk ke halaman konten, disitu saya masuk ke dalam waiting list.

Masih penasaran saya berniat masuk lagi dengan menggunakan account windows live. Setelah menyetujui ketentuan layanan, saya dapat masuk ke halaman konten yang didahului dengan pop up apakah ada ingin mem-follow sesuatu interest atau memfollow seseorang yang popular yang ada di so.cl. Kolom follow interest masih kosong sedang untuk memfollow orang popular ada beberapa orang populer katanya (saya tidak kenal) yang dapat dipilih. Sesi ini juga dapat lewati dengan menekan tombol skip di sebelah kanan bawah.

Di halaman konten anda akan disuguhkan navigasi-navigasi di sebelah kiri dan kanan. Di sebelah kiri ada navigasi: explore, feed, post, profile, video parties, interest (jumlah interest yang kita ikuti), search interest, help, following, followers. Nampak jelas bahwa jejaring sosial (jejasos) ini mengadopsi fitur yang ada twitter.

Link navigasi explore, membawa kita kepada beberapa interest yang tersusun rapi ke alam blok-blok interest, hmmm tampilannya mengingatkan saya akan tampilan ponsel Nokia seri Lumia yang menggunakan os Windows mango. Di antara interest-interest tersebut anda dapat memilih: music, food, travel, movies, art, tech, architecture, science, innovation, social, cars, sport, animals, games, photoorange, kids, bcwa, seattle djs, startups, cycling. Untuk interest yang anda pilih (follow) anda dapat comment, tag, riff, dan share yang mungkin anda sudah akrab dengan twitter.

Link navigasi feeds, anda dapat membaca feeds-feeds dari pengguna lain. Ada pilihan apakah anda ingin melihat feeds dari semua pengguna, following, conversations dan My Posts. Anda bisa mencobanya satu-persatu.

Di sebelah kanan ada link navigasi video parties, invite friends, share on So.cl. Yang menarik adalah fitur video parties, anda dapat melihat video, menambahkan video lain untuk dimainkan berikutnya. Selain menonton video anda juga dapat melakukan party chat, sambil nonton video, serta menginvite teman. Kelihatannya bakal seru, kecuali kecepatan internet yang menjadi penghambat.

Sekian dulu, ulasan dari saya. Saya juga masih ingin mengeksplore lebih jauh jejasos baru Microsoft ini.

Artikel Terkait perkategori

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog CIO Indonesia Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates